cover
Contact Name
M. Lutfi Firdaus
Contact Email
M. Lutfi Firdaus
Phone
-
Journal Mail Official
pascapendipa@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
PENDIPA Journal of Science Education
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 20869363     EISSN : 26229307     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher education and other educational institution. We encourage scientist, lecturer, teacher and student to submit their original paper to the journal. PENDIPA journal is published by Graduate School of Science Education - University of Bengkulu, three times a year on February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): june" : 10 Documents clear
Pemahaman siswa SMA tentang keanekaragaman genetik berdasarkan eksperimen DNA mitokondria Cuora amboinensis Sumatera Yulinda Fitriani; Aceng Ruyani; Bhakti Karyadi
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.153-157

Abstract

 Abstrak           Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati, salah satunya adalah Coura amboinensis yang terletak di Aceh, Bengkulu dan Enggano. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran audio visual yang dikembangkan dari hubungan kekerabatan Coura amboinensis dari Aceh, Bengkulu, Enggano menggunakan DNA mitokondria untuk digunakan sebagai referensi ketika mengisi Lembar Diskusi Siswa untuk mengukur kemampuan siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Ja -alhaq Bengkulu untuk materi keragaman genetik. Tipe Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dianalisis pengembangannya. Hasil penelitian menunjukkan desain media dengan merakit kegiatan eksperimen DNA Cuora amboinensis menjadi video pembelajaran melalui tahapan analisis kurikulum, validasi ahli membentuk media audio visual yang mampu menarik perhatian siswa saat pembelajaran karena video terdiri dari video pengantar berasal dari youtube, isi dari seri dan penutup proses eksperimental. Hasil penelitian media ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pengajaran audio visual berhasil membuat siswa mudah memahami materi keragaman genetik. Kata kunci: Pemahaman siswa; keanekaragaman genetik; eksperimen DNA; Cuora amboinensis.
Pembelajaran probing prompting untuk meningkatkan berpikir kritis siswa anggota kelompok ilmiah remaja Megasari Megasari; Agus Sundaryono; M Lutfi Firdaus
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.163-169

Abstract

Abstrak Kegiatan ilmiah mahasiswa dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Anggota KIR diharuskan memiliki keterampilan berpikir kritis dalam mencari topik untuk menulis makalah ilmiah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemikiran kritis siswa KIR adalah dengan mempelajari instruksi yang dibantu oleh video-assisted. Sebuah eksperimen semu dengan desain desain one pretest-posttest dilakukan untuk mengukur tingkat berpikir kritis anggota KIR dengan memberikan pretest sebelum mempelajari probing yang mendorong tes video-aided dan post setelah belajar dorongan video-assisted probing. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji efektivitas dan uji Wilcoxon. Hasil data dengan efek pengukuran nilai efek diperoleh E> 0,8 yang berarti ada peningkatan berpikir kritis sebelum dan sesudah belajar. Uji Wilcoxon diperoleh nilai p (Z) = 0,0344. Nilai p (Z) <0,05 yang berarti kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari pretest ke posttest. Kata kunci: Probing prompting; berpikir kritis; kelompok ilmiah remaja
Uji fotokatalisis reduksi benzaldehida menggunakan titanium dioksida hasil sintesis Diana Rakhmawaty Eddy; Sanidya Saraswati B; Rustaman Rustaman
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.158-162

Abstract

Abstrak Sintesis senyawa organik pada umumnya membutuhkan pelarut yang cukup berbahaya karena bersifat toksik dan karsinogenik. Saat ini terdapat cara untuk sintesis senyawa organik baru yang tidak menggunakan pelarut berbahaya yaitu menggunakan salah satu semikonduktor sebagai fotokatalis yaitu titanium dioksida. Titanium dioksida (TiO2) digunakan sebagai fotokatalis yang ramah lingkungan karena bersifat lembam, stabilitas termalnya baik, non-toksik, tahan pada suhu tinggi dan aktifitas katalitiknya yang cukup baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan aktivitas fotokatalitik TiO2 hasil sintesis dengan variasi pH dibandingkan dengan TiO2 P25 Degussa dalam mereduksi senyawa organik yaitu benzaldehida. Uji aktivitas fotokatalitik dilakukan terhadap benzaldehida, lalu diuji identifikasi gugus fungsi yaitu uji Ritter dan uji Lucas untuk mengidentifikasi produk yang dihasilkan, didapatkan TiO2 P25 Degussa dan TiO2 pH 3 dengan aktivitas fotokatalitik paling baik dalam mereduksi benzaldehida. Kata kunci: Fotokatalis; titanium dioksida; benzaldehida.
Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Dwi Mentari; Sumpono Sumpono; Aceng Ruyani
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.131-134

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengemas hasil profil protein hati Mus musculus dengan elektroforesis dua dimensi ke dalam buku elektronik (e-book), dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif  mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran menggunakan media e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Hasil penelitian ini  yaitu media pembelajaran e-book yang dibangun berdasarkan hasil riset secara struktural terdiri dari; a) pendahuluan, b) materi isi elektroforesis, c) analisis hasil penelitian,  d) kesimpulan, e) evaluasi, dan f) biodata penulis. Setelah e-book diimplementasi terhadap mahasiswa sebanyak 30 orang menunjukkan bahwa mahasiswa yang berpikir sangat kreatif berjumlah 19 orang (63%), mahasiswa berpikir kreatif 7 orang (23,3%), dan mahasiswa berpikir cukup kreatif 3 orang (13,3%).Kata kunci : E-book ; elektroforesis 2-D; kemampuan berpikir kreatif.
Pembelajaran menggunakan media karakteristik sebaran temperatur udara dan kecepatan angin di pesisir pantai Kota Bengkulu Novi Triono; Muhammad Farid; Rosane Medrianti
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.123-130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan karakteristik sebaran temperatur udara di daerah pesisir pantai Kota Bengkulu bagian Utara, 2) mendeskripsikan pengaruh sebaran temperatur udara terhadap pola kecepatan angin di daerah pesisir pantai Kota Bengkulu bagian Utara, 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan 4) menjelaskan perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.  Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Temperatur udara dipengaruhi oleh waktu, koordinat, tutupan awan dan vegetasi. Temperatur udara tertinggi sebesar 31,80C, terendah sebesar 24,60C dan rata-rata sebesar 30,10C; 2) Temperatur udara berpengaruh terhadap kecepatan angin. Fenomena ekstrim mengenai pengaruh temperatur udara terhadap kecepatan angin terjadi pada hari Rabu 6 Maret 2017. Temperatur udara mengalami penurunan drastis dari 30,50C menjadi 24,60C yang diikuti dengan perubahan kecepatan angin secara ekstrim dari 2,7 m/s berubah menjadi 7,2 m/s, 3) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 0,72 (tinggi) dan pembelajaran konvensional sebesar 0,36 (sedang); 4) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa diajar secara konvensional yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (4,49 > 2,01) dengan taraf signifikasi 5%.Kata kunci: Temperatur udara; kecepatan angin; pesisir pantai; Kota Bengkulu.
PENDIPA Journal of Science Education 2018 Jurnal Pendipa
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.i-iii

Abstract

PENDIPA Journal of Science Education 2018
Menghitung nilai emisivitas warna menggunakan miniatur ruang berbentuk silinder sebagai media pembelajaran fisika Susilawati Z; Afrizal Mayub; Muhammad Farid
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.135-141

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai emisivitas warna ungu (purple comet), hijau, biru, merah, hijau muda, biru muda, jingga, coklat muda, kuning, merah muda; serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model PBL pada konsep Perpindahan Kalor siswa kelas X-TKJ SMK Negeri 1 Bengkulu Tengah; dan menjelaskan perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelompok tinggi, sedang dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik Purpose sampling, yaitu kelas X.TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain One Group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai emisivitas secara berurutan sebesar 0,92; 0,83; 0,75; 0,62; 0,57; 0,54; 0,50; 0,40; 0,31; 0,24; Terdapat peningkatan hasil belajar pada konsep Perpindahan Kalor siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah dengan nilai N-gain masing-masing sebesar 0,75 (tinggi), 0,52 (sedang), dan 0,44 (sedang); Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelompok tinggi, sedang dan rendah yang ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel (4,04 > 3,35) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Emisivitas warna; miniatur ruang; silinder; media; pembelajaran fisika
Isolasi ekstrak kulit batang J.multifida L., serta implementasinya pada modul pembelajaran Kimia Organik Bahan Alam Reni Jumika; Agus Sundaryono; Nurhamidah Nurhamidah
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.147-152

Abstract

 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil karakterisasi senyawa metabolit sekunder dari hasil isolasi kulit batang J. multifida L dan bagaimana peningkatan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran kimia organik bahan alam menggunakan modul. Kulit batang J. multifida L dimaserasi menggunakan etanol (96%),filtrat diuapkan menggunakan rotary evaporator, kemudian difraksinasi cair-cair menggunakan pelarut dengan kepolaran bertingkat berturut-turut dengan pelarut n-heksana dan etil asetat. Tahap selanjutnya, Isolasi sampel menggunakan kromatografi kolom. Implementasi penggunaan modul dilakukan pada mahasiswa Pendidikan kimia semester VI pada mata kuliah kimia organik bahan alam (KOBA). Mata kuliah ini hanya diikuti oleh satu kelas yang bertindak sebagai kelas eksperiment. Pada awal pembelajaran dilakukan pretest dan diakhir pembelajaran diberikan posttest. Senyawa metabolit sekunder yang dapat diisolasi dari fraksi n-heksan pada kulit batang J.multifida L., Berdasarkan hasil analisis spektroskopi diduga bahwa senyawa memiliki kerangka senyawa steroid dengan golongan Stigmasterol dengan rumus molekul C29H48O. Pembelajaran Kimia Organik Bahan Alam (KOBA) dengan menggunakan modul memberikan peningkatan hasil belajar mahasiswa, terdapat perbedaan secara signifikan antara nilai rata-rata posttest (82,4) dengan rata-rata nilai pretest (58,4) dan KKM (75). Kata kunci: Kulit batang J.multifida L; isolasi; hasil belajar; modul.
Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa Rina Endriani; Agus Sundaryono; Rina Elvia
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.142-146

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran kimia dan digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) pembelajaran kimia pada bahan minyak bumi dengan model Dick dan Carey, melalui tahapan: desain, validasi, revisi dan tes formatif untuk siswa kelas XI di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Kemampuan berpikir kognitif siswa dapat diukur dan dilihat dari hasil tes formatif, data yang diperoleh dalam bentuk data kuantitatif dan dilakukan analisis deskriptif untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil tes formatif, 13,3% siswa kurang kritis, 60% siswa kritis, 20% siswa kritis dan 6,67% sangat penting.Kata kunci: Pengembangan; media; pembelajaran kimia; video; berfikir kritis.
Pendugaan potensi air tanah dan hubungannya dengan kualitas air tanah serta implementasi pada pembelajaran fisika Roni Putra; Eko Swistoro; Muhammad Farid
PendIPA Journal of Science Education Vol 2, No 2 (2018): june
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.2.2.170-177

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan potensi air tanah pada daerah penelitian dengan menggunakan metode geolistrik; menentukan besar resistivitas listrik yang terkandung pada lapisan air tanah dengan menggunakan metode geolistrik; mengetahui hubungan antara besar resistivitas listrik yang terkandung pada lapisan air tanah dengan parameter kualitas air sumur melalui uji laboratorium; mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok tinggi, sedang, dan rendah setelah menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction); mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelompok tinggi, sedang, dan rendah dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada konsep hukum ohm pelajaran fisika kelas XII Matematika dan Ilmu Alam 2 Madrasah Aliyah Negeri Seluma. Penelitian pendidikan yang dilakukan kuasi eksperimen One Group Pretest-Posttest Design untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) dalam proses pembelajaran fisika dengan mengetahui peningkatan nilai pretest dan posttest media LKS. Pada penelitian sains untuk mengetahui potensi air tanah menggunakan metode geolistrik konfigurasi wenner dan didapatkan nilai resistivitas dari inversi 2D software RES2DINV 31,8 ?m – 147 ?m yang berpotensi air tanah. Hubungan antara parameter uji kualitas air dengan nilai resistivitas didapatkan nilai korelasi R2 = 0,5818 dikriterikan mempunyai korelasi kuat. Hasil analisis penelitian pendidikan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) setelah diuji Anova Satu Jalur (One Way Anova) diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (15,42>3,59), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) efektif. Kata kunci: Potensi air tanah; metode geolistrik; kualitas air tanah; pembelajaran fisika.

Page 1 of 1 | Total Record : 10